PRESPEKTIF UMUM
MANAJEMEN STARTEGIK
Dalam ekonomi khususnya di lingkungan bisnis manajemen
strategic kini menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi perusahaan. Hal ini
dikarenakan pengambilan keputusan yang akan menentukan apakah suatu perusahaan
itu unggul dan dapat bertahan hidup atau bahkan sebaliknya. Starategi dapat
berjalan dengan baik ketika seorang manajer starategi dapat menggunakan sebaik
baiknya sumber daya perusahaan yang ada di dalam lingkungan yang berubah ubah.
Dalam rangka mencapai tujuan perusahaan diperlukan suatu alat
yang berperan sebagai akselerator, sehingga tujuan dapat tercapai secara
efektif dan efisien. Sejalan dengan hal tersebut, stategi diyakini sebagai alat
untuk mencapai tujuan. Stategi juga dapat dikatakan sebagai sarana untuk
mencapai tujuan akhir (sasaran), akan tetapi strategi sendiri bukan sekedar
rencana, strategi harus bersifat menyeluruh dan terpadu yang dimulai dari
sumberdaya perusahaan secara paling efektif.
Porter (1992) menyatakan bahwa strategi adalah alat penting
dalam rangka mencapai keunggulan bersaing. Implikasi dari kajian tersebut
adalah bahwa perusahaan dikatakan meraih keunggulan apabila perusahaan dapat
memanfaatkan peluang-peluang dari lingkungannya, yang memungkinkan perusahaan
untuk menarik keuntungan keuntungan yang lebih besar lagi.
Prespektif manajemen sangat dibutuhkan mengingat perubahan
lingkungan dan teknologi yang begitu cepat memaksa organisasi untuk
menyesuaikan dirinya. Sudah banyak contoh organisasi atau perusahaan yang gagal
dalam menyesuaikan dengan perubahan akhirnya tertinggal oleh pesaing pesaing
dan akhirnya mati. Sebagai contoh di Indonesia, banyak perusahaan yang hidup
dan bertahan lama salah satunya seperti Gudang Garam, nama ada pula perusahaan
yang hanya bertahan sebentar saja. Walaupun perusahaan yang bertahan lama
tersebut tidak selalu mengalami masa kejayaan, bahkan mengalami masa kritis
atau hampir pailit, mereka bisa melewatinya.
0 comments:
Post a Comment