MANAJEMEN OPRASI
Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi saat ini telah mengubah pola kehidupan manusia. Pesatnya teknologi
didukung pula oleh jaringan komunikasi dan computer yang sangat memungkinkan
perusahaan untuk bereaksi cepat terhadap pembaharuan dan perubahan yang di
kehendaki. Saat ini pedagang kecil / eceran bisa langsung berhubungan langsung
dengan agen hanya dengan menekan satu tombola tau layar ponsel.
Pengunaan teknologi di era saat ini
memang cukup memudahkan segalanya dalam melakukan komunikasi di segala penjuru
dunia. Perubahan – perubahan tersebut tentunya mempunyai pengaruh yang sangat
besar terhadap operasi peruhasaan. Perusahaan yang awalnya bergerak secara
local sekarang jadi nasional, lalu perusahaan regional menjadi global.
Teknologi yang super canggih dan biaya transportasi yang efesien adalah
merupakan penggerak yang sangat cepat.
Pengertian Manajemen
Oprasi
Manajemen Oprasi adalah Serangkaian
kegiatan dalam memproduksi barang dan jasa melalui proses perubahan dari Input ke Output. OM juga bisa di artikan serangkaian aktivitas yang
menciptakan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah masukan menjadi
hasil. Kegiatan membuat barang dan jasa terjadi di semua sector organisasi.
Kegiatan produksi sangat terlihat jelas di perusahaan manufaktur. Sedangkan
pada organisasi lain yang tidak memproduksi barang nyata, fungsi produksi
mungkin tidak terlalu terlihat. Misalnya jasa transportasi, perbangkan dan
bahkan PT.
Kenapa Mempelajari
Manajemen Oprasi / Oprations Management (OM):
1. Om merupakan salah satu dari tiga
fungsi organisasi apa pun itu. Karena semua organisasi memerlukan yang nama
pemasaran (menjual), biaya (memperhitungkan), dan menghasilkan (mengoprasikan).
2. Kita mempelajari OM karena kita ingin
mengetahui barang dan jasa diproduksi.
3. Kita mempelajari OM untuk memahami
apayang dilakukan oleh manajer oprasi.
PERBEDAAN KARATERISTIK
JASA DAN BARANG
JASA
|
BARANG
|
Di produksi dan
dikonsumsi secara bersamaan
|
Di prosuksi dahulu
baru dikonsumsi
|
Tidak bisa di
simpan
|
Bisa di Simpan
|
Produk yang tidak
konsisten
|
Produk berstrandar
|
Interaksi pelanggan yang tinggi
|
Keterlibatan pelnggan terbatas dalam produksi
|
|
|
|
|
0 comments:
Post a Comment